Senin, 18 Februari 2013

Masalah Uang Orang Miskin dan Uang Orang Kaya

Di dalam kehidupan dunia ini, manusia yang mempunyai uang memiliki masalahnya sendiri. Baik itu uang milik dari kaum miskin atau uang milik dari kaum kaya.

Untuk memberi kejelasan mengenai hal masalah uang kepada anda, saya akan memberikan pandangan  Robert T Kiyosaki mengenai masalah uang dari buku Increase Your Finansial IQ (2008 : 4). Robert berkata,

“Ayah kaya saya, yang mulai mengajarkan uang kepada saya saat saya berusia 9 tahun, juga mengalami masalah uang. Dia memecahkan masalah uangnya dengan cara berbeda dibandingkan ayah miskin saya. Dia maklum bahwa uang memang menjadi masalah, dank arena menyadari hal itu, dia berjuang meningkatkan kecerdasan keuangannya pada setiap kesempatan. Baginya, hal itu berarti langsung menangani masalah uangnya dan belajar dari proses yang dilaluinya.”

Lalu Robert melanjutkan kembali dengan membandingkan-bandingkan kecerdasan ke-uang-an yang dimiliki ayah kaya dengan kecerdasan ke-uang-an yang dimiliki ayah miskin,

“Secara akademis, ayah kaya saya jauh kalah cerdas dibandiangkan ayah miskin saya, tetapi karena dia memecahkan masalah uangnya secara berbeda dan meningkatkan kecerdasan keuangannya, masalah uang ayah kaya saya adalah terlalu banyak uang.”

Masalah dialami orang kaya seperti kasus ayah kaya yaitu memiliki kelebihan uang. Apakah anda akan bangga memiliki kelebihan uang? Boleh bangga. Tetapi memiliki kelebihan uang juga bisa menyebabkan uang itu hilang dengan sekejap bila tidak tahu mengatasinya.

Jangan mengira memiliki kelebihan uang membuat orang tetap kaya. Butuh kecerdasan keuangan yang bagus agar uang berlebih tetap berada dalam genggaman.

Lanjut lagi Robert (2008 : 4). Ia berkata,

“Karena punya dua ayah, kaya dan miskin, saya belajar bahwa entah miskin atau kaya, akan selalu ada masalah.”

Sebagai orang yang masih merasakan dunia orang miskin, saya hanya memberikan persetujuan mengenai pendapat Robert T Kiyosaki. Yang jelas, secara logika, perkataan Robert bisa saya terima.

Jadi, banyak orang miskin yang terlilit masalah karena tidak memiliki uang cukup. Dan banyak juga orang kaya yang terlilit masalah karena memiliki kebanyakan uang.

Sehingga solusi yang baik adalah saling kerjasama dalam hal kebaikan. orang kaya memberikan sebagian rejeki kepada orang miskin sebagai investasi. Sedangkan orang miskin membantu orang kaya menginvestasikan uang milik ornag kayas.

Apakah anda setuju bahwa uang orang kaya dan uang orang miskin memang sama-sama mempunyai masalah walau masalah yang dialami keduanya adalah berbeda?

Lalu Robert memberikan permasalahan-permasalahan yang dialami orang miskin. Bila anda tidak setuju, terserah saja. Saya hanya memberikan informasi.

Inilah pembagian-pembagian masalah uang.

Masalah uang orang miskin (2008 : 4) :
-    Tidak punya cukup uang
-    Memakai kredit untuk kebutuhan uang.
-    Meningkatnya biaya hidup.
-    Membayar pajak lebih besar
-    Takut kalau ada keadaan darurat
-    Nasehat keuangan yang buruk
-    Tidak punya cukup dana pensiun

Masalah uang orang kaya (2008 : 4) :

-    Punya terlalu banyak uang
-    Tidak menjaga keamanan uang dan menginvestasikan uang.
-    Tidak tahu orang itu menyukai mereka atau uang mereka.
-    Perlu penasehat keuangan yang lebih cerdas.
-    Membesarkan anak manja.
-    Merencanakan surat wasiat.
-    Pajak pemerintah yang berlebih.

Semoga pembahasan masalah, uang membuat kita lebih mementingkan meningkatkan kecerdasan keuangan daripada sibuk memikirkan banyak atau sedikitnya uang.

Semoga bermanfaat.

Increase Referensi: Robert T Kiyosaki, Your Finansial IQ, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar