Rabu, 14 Agustus 2013

Kekuatan Mentor Bisnis MLM Sebagai Pembimbing Bisnis

Saya sudah katakan dalam artikel sebelumnya bahwa maksud bisnis jaringan atau bisnis pemasaran jaringan adalah bisnis MLM. Dalam segi bahasa maka MLM diartikan bisnis berbentuk jaringan-jaringan orang.

Jadi bila ada kata bisnis jaringan atau bisnis pemasaran jaringan maka artinya adalah bisnis MLM. Maksud bisns MLM bukan dalam segi sistemnya tetapi kosa kata saja.

Nah, ciri khas dari bisnis jaringan adalah memiliki mentor bisnis. Dalam hal mentor bukan sekedar mentor yang hanya menceramahi anda, memotivasi anda tetapi lebih dari itu adalah membimbing anda memiliki jiwa pebisnis kuadran B (big business).

Ingat, bisnis jaringan berada pada kuadran B menurut Kiyosaki sehingga sikap dan ucapan harus mencirikan sikap seorang B apalagi seorang mentor.

Sehingga kekuatan mentor karena memiliki kekuatan kuadran B dalam bisnis jaringan.

Robert pernah ditanya pada seseorang tentang kesanggupannya/kesediannya membimbing si penanya alias menjadi mentor si penanya. Lalu Robert Kiyosaki memberikan saran agar si penanya melihat bisnis jaringan karena memang memiliki pelatihan bisnis dari mentor. (2008 : 37)

Robert berkata (2008 : 37), “Saya semakin menghargai keuntungan yang saya dapat dengan memiliki ayah kaya sebagai mentor. Sebagai guru sekolah, ayah miskin saya tidak mempunyai pengetahuan atau pengalaman untuk mengajari saya apa yang ingin saya ketahui tentang kuadran B dan I. Tanpa ayah kaya, saya terus terang ragu-ragu apakah saya dapat melakukan perjalanan dari sisi kiri kuadran ke sisi kanan kuadran. Fungsi utama mentor dalam perusahaan pemasaran jaringan adalah untuk membimbing anda pindah dari sisi E dan S ke sisi B dan I. Dan mereka tidak menarik bayaran dari anda untuk segala waktu yang mereka investasikan dalam menuntun, melatih, dan membimbing anda. Bimbingan itu tidak ternilai harganya.”

Pertanyaan yang bisa untuk diajukkan pada mentor bisnis jaringan yang ada di hadapan anda bila memang anda atau teman anda ditawari untuk gabung.

- Bagaimanakah sikap anda mengenai bisnis besar?
- Apa saja yang anda ajarkan mengenai bisnis khususnya bisnis kuadran B?
- Seberapa banyakkah buku-buku bisnis yang sudah dibaca?
- Apa bukti bahwa anda mentor bisnis jaringan yang bisa diandalkan?

Bila jawaban mentor dari pertanyaan “Bagaimanakah sikap anda mengenai bisnis besar?” adalah seperti ini:

- Membangun bisnis besar adalah berat, butuh modal besar, waktu banyak, riset pasar yang sulit. Lebih baik fokus bisnis jaringan.
- Saya tidak tahu mengenai bisnis besar.
- Saya tidak suka membangun bisnis besar karena bisnis jaringan ini sudah cukup bagi saya.
- Buat member saya, lebih baik anda fokus membangun aset lewat bisnis jaringan.

Bila jawaban mentor dari pertanyaan “Apa saja yang anda ajarkan mengenai bisnis khususnya bisnis kuadran B?” adalah seperti ini:

- Saya akan mengajarkan cara presentasi
- Saya akan mengajarkan tujuh langkah sukses di bisnis ini
- Saya akan mengajarkan motivasi-motivasi dan tentang kesuksesan.

Bila jawaban mentor dari pertanyaan “Seberapa banyakkah buku-buku bisnis yang sudah dibaca?” adalah seperti ini:

- Saya tidak bisa menjawab.
- Ya apa saja tentang bisnis
- Dua kayaknya
- Tidak pernah membaca

Bila jawaban mentor dari pertanyaan “Apa bukti bahwa anda mentor bisnis jaringan yang bisa diandalkan?” adalah seperti ini:

- Saya sudah mencapai gelar “….”
- Saya sudah mendapat uang 10 perbulan (atau berapalah)
- Saya sudah banyak berusaha mengajak gabung. Ada yang menolak dan ada yang menerima

MAKA SIKAP ANDA HARUS : Menolak segera ajakan untuk gabung di bisnis jariangan yang ditawari kepada anda atau bila ingin mengikuti sekedar belajar bisnis dengan berusaha membaca buku-buku yang bisa dipercaya.

Referensi: Robert T Kiyosaki, Business School, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar