Kamis, 15 Agustus 2013

Study Kelayakan Bisnis Sistem Jaringan Alias Bisnis MLM

Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bisnis MLM alias bisnis pemasaran jaringan. Informasi ini lebih kepada kesimpulan study kelayanan bisnis menurut Robert T Kiyosaki pada bisnis jaringan.

Hasil kesimpulannya sebagai study kelayakan bisnis MLM adalah memberikan sebuah peringatan untuk orang-orang yang ingin mengikuti bisnis MLM. Peringatan ini lebih kepada orang yang ingin bisnis pada kuadran B agar hati-hati mengikuti bisnis MLM.

Robert dalam buku Business School (2008 : 38) berkata,

“Seperti yang mungkin telah anda deteksi, saya mendapati bahwa tidak semua perusahaan pemasaran jaringan sama. Sama halnya dengan apa pun juga dalam hidup, sebagian bagus dan sebagian tidak begitu bagus. Banyak perusahaan pemasaran jaringan baru yang gagal seperti bisnis yang gagal. Namun alasan utama saya menyampaikan kata-kata peringatan ini adalah karena banyak perusahaan pemasaran jaringan yang menuntun anda masuk ke kuadran S, bukan kuadran B. mereka melakukan itu jika mereka hanya memfokuskan pada pengembangan keahlian menjual anda dan bukan pada seluruh keahlian bisnis yang dibutuhkan untuk berhasil di kuadran B.”

Saya akan menjelaskan lagi kuadran-kuadran menurut robert kiyosaki.

A.    Kuadran kiri terdiri dari:
-    E = singkatan dari kata “Employe” yang artinya karyawan/tenaga kerja/buruh.
-    S = singkatan dari “Self-Employe” yang artinya orang yang bekerja sendiri alias kerja mandiri atau S bisa disebut juga “Small Busines Owner yang artinya pengusaha kecil”

B.    Kuadran kanan terdiri dari:
-    B = singkatan dari “Business Owner” yang identik dengan “Big Business” yang artinya pemilik bisnis, bisnis besar.
-    I = Investasi yang artinya adalah menanam modal.

Bila anda berencana untuk membangun bisnis besar alias bisnis bersistem yang terorganisir maka jangan harap dengan memasuki bisnis pemasaran jaringan kemampuan bisnis anda akan seperti kuadran B.

Karena seperti yang dikatakan Kiyosaki di atas bahwa kebanyakan perusahaan pemasaran jaringan alias bisnis MLM hanya mengajari anda kemampuan sebagai S. Artinya anda hanya akan presentasi (seperti sales) yang menjual produk atau sistem bisnisnya.

Untuk  itu perlu anda lakukan study kelayakan bisnis MLM seperti yang pernah Robert T Kiyosaki lakukan.

Seperti apa study kelayakan bisnis pada bisnis MLM?

Tentunya silahkan baca artikel-artikel yang sudah saya tulis di bagian terdahulu. Dengan begitu, maka anda akan mengerti perusahaan jaringan mana yang terbaik.

Study kelayakan bisnis yang akan saya berikan di sini adalah bagaimana cara mengetahui bahwa perusahaan bisnis MLM menginginkan anda berada pada kuadran S?

Saya akan memberikan tips sebagai study awal tentang kelayakan bisnis MLM yang patut anda ikuti. Robert Kiosaki (2008 : 38) berkata,

“…mereka lebih memfokuskan pada pengetahuan produk, keahlian menjual, dan berapa banyak uang yang dapat anda peroleh. Perusahaan pemasaran jaringan kuadran B sejati akan memfokuskan pada pengembangan diri anda seutuhnya, bukan hanya sebagian diri anda yang dapat menjual dan menghasilkan uang untuk orang-orang di atas anda. Melakukan ini mungkin memerlukan sedikit lebih banyak waktu, dan banyak orang keluar sebelum mereka benar-benar berubah. Mereka keluar karena mereka hanya mencari uang bukan berpindah kuadran.”

Perhatikan baik-baik apa yang dikatakan Robert Kiyosaki agar anda benar-benar meriset kelayakan bisnis pada bisnis MLM.

Seperti yang dilakukan para member pemasaran jaringan, yang dilakukan hanya mencari prospek, lalu presentasi pada acara-acara besar atau sendirian, lalu follow up lewat acara besar atau sendirian, kemudian joint. Maka cara seperti ini, secara langsung mendidik sebagai seorang penjual sejati.

Saya pernah mengikuti acara-acara pendidikan bisnis MLM yang menjelaskan kiat-kiat sukses. Saya ikut sekedar study kelayakan bisnis seperti yang Robert T ajarkan.

Ternyata, penjelasannya sekedar ceramah-ceramah motivasi, ceramah-ceramah 7 langkah kesuksesan. Intinya sederhana dan hanya sebagian kecil untuk membangun bisnis kuadran B.

Pertemuan-pertemuan pendidikan bisnis MLM yang pernah saya ikuti belum menyangkut:

-    Kepemiminan
-    Kerja Tim
-    Misi bisnis
-    SDM
-    Arus kas
-    Dll

Karena saya tidak merasa puas, saya males untuk datang kedua kali. Saya lebih baik membaca 6 buku Robert mengenai bisnis kuadran B dan membeli panduan bisnis di internet milik GM Susanto.

Referensi: Robert T Kiyosaki, Business School, Terj, Gramedia, Jakarta, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar