Selasa, 24 Desember 2013

Bagaimana Menjalankan Email Marketing Dengan Baik

Email marketing merupakan salah satu sarana yang terbaik dalam melakukan promosi dan penawaran sebuah produk di internet dalam waktu yang singkat, sehingga dapat menaikkan omset penjualan.

Anda sudah tahu email marketing? Email marketing adalah sesuatu kegiatan memberi tips atau promosi lewat email. Email marketing salah satu sarana terbaik dalam melakukan promosi/marketing untuk produk bisnis dalam waktu singkat ke banyak pelanggan.

Bahkan email marketing merupakan program cepat dalam memarketingkan sebuah produk yang tidak menggunakan biaya promosi. Enak bukan?

Karena begitu enak memasarkan sebuh produk lewat email marketing, sampai –sampai secara tidak sadar malah telah melakukan spam ke email pengunjung. Inilah yang harus diperhatikan oleh si pemilik bisnis.

Pengalaman saya memang demikian. Maksudnya pengalaman menjadi pelanggan email marketing. Memang tidak dikatakan pelanggan alias tidak berniat menjadi pelanggan.

Karena waktu dulu saya hanya ingin mendapatkan ebook gratis dari beberapa situs bisnis dan dikirim lewat email. Pas saya lihat email ternyata ada banyak email dari orang-orang yang sama.

Saya merasa terganggu karena saya tidak merasa ingin diberikan email terus-terusan.

Saya sampai mengatakan pada salah satu pemilik bisnis. Katakan, “Mohon berhenti mengirimkan email”. Pertanyaan ini memang aneh karena ternyata email itu dikirim lewat mesin yang namanya autoresonder. Sangat sulit untuk meminta dihentikan pengirimannya.

Dari pengalaman saya menjadi pelanggan alias yang menjadi korban, maka dari setiap situs riset produk milik saya, saya selalu memberikan penjelasan bahwa mereka yang meminta produk gratis bakal diberikan informasi baru.

Jika melakukan pemasaran sebuah produk menggunakan email marketing yang benar, Anda akan merasakan manfaat bagi sistem marketing yang sedang Anda bangun.

Promosi yang menggunakan email marketing ini dapat meningkatkan profit milik Anda secara cepat dan tepat.

Promosi yang menggunakan email marketing yang tidak ada kejelasan memberikan tips berkelanjutan dan sangat mengganggu pelanggan karena sering mengirimkan email, malah bisa jadi membuat tidak mendapat profit yang maksimal.

Untuk itu, ada hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan dari email marketing Anda dalam mendapat respon positif dari penerima email marketing anda.

1. Pertama, yang harus diperhatikan adalah apa tujuan dari penawaran anda kepada penerima email marketing Anda.

2. Kedua, penerima email yang tepat, maksudnya jika Anda menawarkan sesuatu kepada penerima yang tidak tepat, itu akan membuat anda mengerjakan sesuatu yang sia-sia.

3. Ketiga, kreatifitas, isi dari email marketing anda harus menarik, dapat membuat penerima email senang dan tertarik untuk membaca penawaran itu hingga selesai.

Jangan menggunakan kata-kata yang tidak umum karena hal itu akan membuat penerima email tidak mengerti maksud dari email marketing anda.

Email merupakan media komunikasi yang sudah dikenal semua pengguna internet, tetapi masih banyak yang belum mengetahui bahwa email bisa dijadikan sarana untuk memperlancar bisnis di internet.

So, sangat penting memikirkan tentang email marketing. Tentu biar lebih aman dan mudah, Anda menyewa autoresponder lokal atau luar negeri dan katakan pada mereka bahwa Anda akan memberikan update informasi sesuai tema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar