Rabu, 04 Desember 2013

Niche Market Dalam 4 Konsep Dasar

Niche market atau sering kita terjemahkan dengan pasar ceruk ini merupakan salah satu bentuk pasar market online yang diperuntukkan untuk produk yang spesifik dengan target konsumen yang spesifik pula.

Nice market dipakai untuk pebisnis internet yang kelas menengah-kebawah yang belum mampu bersaing dengan bisnis kelas atas. Dengan menggunakan niche market, pebisnis internet kelas menengah-kebawah tidak memusingkan persaingan yang sengit.

Keuntungan dari niche market ini tentunya sedikit persaingan dengan konsumen yang spesifik dan tertarget.

Misal Anda menjual baju. Ditempat Anda misalkan banyak sekali yang menjual baju. Tetapi bila ingin aman, Anda tinggal mencari mana yang belum ada. Misal yang belum ada itu baju “sepak bola”. Anda tinggal menjual baju sepak bola.

Dengan pertimbangan, masih konsumen yang butuh baju bola. Syukur-syukur dan seharusnya memang banyak yang membutuhkan baju bola.

Bagaimana cara untuk memulai bisnis niche market ini? Apakah ada yang kita perlukan atau konsep dasarnya? Ada 4 konsep dasar dalam mengembangkan niche market ini :

Konsep pertama

Jika Anda ingin memulai bisnis niche market ini maka Anda harus memikirkan sebuah produk atau jasa yang unik. Caranya begini

a. Temukan skill Anda untuk dapat dijadikan sebuah ide untuk bisnis.

b. Selalu terupdate dengan peristiwa terkini dan bersiap-siaplah untuk mengambil keuntungan di dalamnya.

c. Buatlah sebuah penemuan dari sebuah produk dan service.

d. Tambahkan nilai dari produk yang ada.

e. Lakukan penginvestigasian dengan pasar lainnya

f. Tingkatkan pelayanan Anda di dalam produk atau service yang sudah tersedia.

Konsep kedua

Carilah market atau segment di mana Anda dapat menjual produk atau service Anda. Hal ini bukan berarti kemungkinan kecil produk Anda tidak laku tetapi dikarenakan konsumen dari niche market ini sangat spesifik sehingga mereka pun terkadang tidak terdeteksi sama sekali.

Anda bisa melakukan dengan cara riset terhadap pangsa pasar ini.

Konsep ketiga

Pilihlah niche market yang tersedia, penting untuk melakukan hal ini jika bisa hanya Anda lah yang menggunakan bisnis ini. Disinilah kunci dari keberhasilan niche market.

Konsep keempat

Promosi, promosi, promosi. Tidak dipungkiri jika keberhasilan dari niche market ini bahkan dari seluruh bisnis ialah promosi. Teruslah berpromosi.

Niche market merupakan pasar yang potensial. Tapi dikarenakan menggunakan marketing online maka ia berdasarkan keyword. Maka Anda pun harus berhati-hati dalam memilih keyword yang Anda gunakan.

Berikut tips dan trik dalam mencari dan menentukan potensial dalam niche market :

a. Selalu lakukan eksperimen dan riset untuk keyword atau niche dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pencari keyword. Seperti google adwords

b. Jangan memilih keyword yang general atau yang spesifik karena membuat pasar niche market Anda kan mudah terbaca atau terlalu sulit di temukan.

c. Ulangi prosesnya berulang-ulang hingga Anda menemukan keyword yang cocok untuk Niche market Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar