Senin, 09 Desember 2013

Membuat Artikel Marketing Yang Baik

Artikel marketing adalah artikel yang dibuat dengan tujuan marketing atau agar pembaca tertarik dengan isi dari artikel tersebut.

Ada beberapa tips dalam memuat artikel marketing yang menarik yaitu:

1. Tulislah artikel yang menjual

Pembuat artikel marketing harus menulis hal-hal menarik yang berhubungan dengan informasi yang akan disampaikan kepada pembeli.

Informasi yang disampaikan dalam artikel marketing harus benar-benar menyampaikan informasi yang bisa membuat pembaca tertarik dan mengerti.

2. Konsisten dengan artikel yang ditulis

Dalam membuat artikel marketing, pembuat harus konsisten dengan artikel yang ditulis.

Misalkan pembuat artikel mengangkat tema tertentu dalam membuat artikel marketing, maka untuk seterusnya pembuat artikel harus konsisten dengan artikel dengan tema tersebut.

Hindari berubah-ubah tema yang akan membuat citra yang kurang baik. Karena dari tulisan bisa mengarah ke yang lain. Sebagai contoh analogi akibat pencitraan buruk, “Bagaimana mungkin dia akan memiliki produk yang bagus bila untuk menulis artikel marketing saja tidak konsisten.”

Itulah yang akan pembaca pikirkan terhadap penulis artikel marketing yang menuliskan artikel marketingnya dengan berganti-ganti topic dan tema yang jauh berbeda dan sama sekali tidak berhubungan.

3. Gunakanlah bahasa yang menarik

Dalam menulis artikel marketing harus digunakan bahasa yang menarik dan komunikatif. Tentu yang mengajak pembaca seolah-olah ikut berbicara.

Kenapa bahasa yang menarik dan komunikatif penting di lakukan? Karena penulis artikel marketing tidak akan tahu wajah pembaca.

Oleh sebab itu penting sekali bagi penulis artikel marketing untuk menyampaikan bahasa tulisan dengan sekomunikatif mungkin dan semenarik mungkin sehingga pembaca bisa tertarik dengan apa yang disampaikan pada tulisan itu.

4. Jangan menjelek-jelekkan produk lain (saingan)

Wajar setiap bisnis, maya (internet) atau nyata, adanya persaingan antar produk sang sama. Sangat wajar. Apalagi di zaman sekrang yang teknologi semakin membantu dalam bisnis. Tentu persaingan sangat ketat di zaman sekrang.

Namun demikian sangat tidak dianjurkan bagi penulis artikel marketing untuk menjelek-jelekkan, atau membanding-bandingkan produk pesaing dengan komentar negatif demi untuk meningkatkan produk sendiri. Tentu akan berbalik dalam menjelakkan nama baik bisnis itu sendiri

Sebisa mungkin penulis artikel harus bisa menyampaikan apa yang ingin ia sampaikan kepada pembaca tanpa menyinggung pihak manapun.

5. Gunakanlah Blog

Banyak sekali cara untuk mempopulerkan artikel marketing salah satunya adalah dengan menggunakan blog. Pada saat ini blog sudah menjadi kewajiban bagi para pebisnis bila produknya ingin laku dengan konsisten.

Penulis artikel marketing lebih bisa leluasa untuk menceritakan tentang apa yang ia ingin sampaikan mengenai produknya tersebut kepada pembaca melalui artikel marketing. Dan itu bisa dilakukan lewat blog.

Blog salah satu alat untuk berhubungan antara pembaca dengan penjual. Dewasa ini blog menjadi konsumsi umum yang sudah biasa dimiliki oleh banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar