Selasa, 04 Februari 2014

Empat Langkah Membuat Artikel Marketing

Artikel Marketing memiliki peran yang penting untuk kegiatan pemasaran produk bisnis khususnya dengan media internet. Memang artikel marketing sudah sangat lama dimanfaatkan sebagai alat pemasaran karena memang caranya yang lebih "Win-Win".

Tentu, bila sudah lama dimanfaatkan sebagai alat pemasaran, berarti artikel marketing sudah teruji keampuhannya. Nah, bila memang sudah teruji ampuh, kenapa tidak kita manfaatkan dengan baik dariada iklan yang sekedar "pengingat".

Sebuah artikel marketing sudah kita pahami bahwa artikel marketih adalah tulisan singkat mengenai profil perusahaan atau spesifikasi produk yang ditujukan untuk distribusi dan publikasi. Dengan mempublikasikan artikel marketing maka akan membentuk image perusahaan atau produk akan meningkat. Pada akhirnya membantu peningkatan pendapatan untuk perusahaan.

Seiring perkembangan internet marketing, artikel marketing menjadi dikenal lebih luas. Artikel marketing masih dikenal terbatas untuk kalangan bisnis kalau melihat zaman sebelum ada peluasan jaringan internet. Saat ini rata-rata anak SMA atau remaja yang suka utak-atik internet pernah mendengarnya. Karena saat ini artikel marketing sudah sering dibaca lewat internet oleh semua kalangan.

Sebenarnya, membuat artikel marketing tidak jauh berbeda dengan membuat artikel biasa kalau dilihat dari segi penulisannya. Namun karena pengguna mengkhususkan diri pada bidang marketing, tentu dalam penyampaian harus menggunakan trik-trik tertentu dengan harapan sebuah artikel marketing mendatangkan hasil seperti yang diharapkan.

Di bawah ini, langkah-langkah praktis dalam membuat sebuah artikel marketing.

1. Kenali objek tulisan

Tujuan akhir membuat artikel marketing adalah menjual. Karena penjualan adalah ujung tombak bisnis. Agar sukses menjual produk bisnis tentu saja harus mengenal secara detil tentang apa yang dijual. Dalam hal ini, menjual dapat diartikan sebagai transaksi jual-beli secara langsung atau dapat diartikan hanya “menjual” citra.

Artikel marketing yang ditujukan untuk bisnis, baik untuk meningkatkan transaksi penjualan dan sebagainya, tentu harus mengenal secara detil kelebihan dan kekurangannya. Agar dapat dipilah secara cermat, sisi mana yang harus ditonjolkan dalam artikel marketing yang akan ditulis.

2. Kenali kompetitor

Agar lebih jernih mengenali kelebihan dan kekurangan objek yang akan dipublikasikan dalam artikel marketing, lakukan riset sebanyak-banyaknya mengenai kompetitor (pesaing bisnis) di pasaran.

Bila perlu dan memang harus bila ingin ampuh membuat artikel marketing, temukan sebanyak-banyaknya kekurangan kompetitor secara akurat, agar kelebihan dari objek yang akan kita rilis melalui artikel marketing tersebut akan memiliki validitas yang tinggi.

3. Kenali pangsa pasar

Pangsa pasar memiliki suatu segmen. Tiap segmen pangsa pasar tersebut memiliki karakteristik, selera dan kebutuhan yang berbeda. Pilih segmen pasar yang cocok dengan objek yang akan kita publikasikan melalui artikel marketing.

Lakukan riset mengenai segmen pasar dan kumpulkan data sebanyak-banyaknya. Data yang dicari seperti rata-rata profesi, usia, jenis kelamin, hobi, kebiasaan, gaya hidup dan lain-lain, harus lengkap diklasifikasi. Data yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk menentukan, gaya penulisan seperti apa yang cocok digunakan untuk menarik minat segmen pasar seperti itu.

4. Tulis naskah artikel marketing yang menarik

Pergunakan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Gaya bahasa disesuaikan dengan segmen pasar yang akan disentuh. Gaya bahasa untuk segmen wanita seharusnya tidak mungkin digunakan untuk segmen pasar laki-laki.

Selain penerapan cara yang tepat dalam penulisan, mempublikasikan sebuah artikel marketing juga harus memperhatikan momentum.

Sebagai contoh, kita membuat sebuah artikel marketing berjudul “Kemeriahan Tahun Baru dengan Diskon HP (merek tertentu).”

Kemudian publikasikan artikel marketing tersebut, tiga hari setelah selesainya tahun baru. Tentu, sudah basi kan? Benar kan?!

Artikel Marketing Mendukung Bisnis Online

Memperhatikan artikel marketing sepenuhnya berarti memperhatikan kemajuan bisnis online Anda.

Taktik dan strategi marketing yang tepat memang harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis.
Mengapa artikel marketing? Tentu, karena artikel marketing adalah artikel yang berisi segala informasi sekaligus memberikan penawaran bagi pengunjung internet yang datang.

Menurut anda, apa yang dilakukan oleh pengunjung internet?

Pasti anda akan menjawab, “Tidak lain adalah membaca dan selain itu mencari informasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pribadi”.

Artikel marketing tidak harus berisi penawaran sebuah produk.

Artikel juga dapat berisi tentang bagaimana sebuah produk itu dibuat, sekaligus masalah yang dapat diselesaikan oleh produk itu.

Menulis banyak artikel secara tidak langsung dapat meningkatkan traffic anda di internet.
Di dalam dunia maya artikel adalah penghubung antara calon pelanggan dan anda sendiri. Anda dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan dengan tulisan yang pernah anda buat.

Selain untuk berkomunikasi dengan pengunjung, artikel marketing mempunyai kegunaan yang lain, yaitu:

Prinsipnya, untuk mendukung bisnis online anda adalah berikanlah apa yang dibutuhkan pengunjung, pada akhirnya pengunjung akan memberikan apa yang dibutuhkan bisnis online anda. Tentu, artikel marketing itulah yang anda berikan kepada pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar