Kamis, 17 Oktober 2013

Bisnis Batik Online

Peluang Bisnis, Bisnis Batik, Bisnis Batik Cirebon
Bisnis batik merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Dikatakan menjanjikan karena alasan utamanya adalah batik sudah disahkan menjadi hak cipta Indonesia.

Di samping sudah disahkan sebagai hak cipta Indonesia, model batik juga terkesan estetis dengan corak hasil tangan yang beragam dan juga sudah mengikuti perkembangan zaman. Sehingga bagi para pebisnis tidak perlu lagi canggung menjual batik karena sudah bisa berbaur dengan masyarakat Indonesia yang terkesan lebih ke modernis ala Barat.

Apalagi pemerintah sudah mensahkan hari batik se-Indonesia untuk mempertahankan dan mengembangkan perbatikan Indonesia. Tentu ini ada hal menarik dan peluang yang bagus untuk terjun ke bisnis batik atau peningkatan penjualan batik Anda. Ada momen tertentu yang bisa dikatakan momen sensasional bisnis untuk meningkatkan penjualan batik atau memulai bisnis batik di hari batik Indonesia.

Bahkan seni membatik bukan hanya untuk pakaian tetapi juga untuk hal lain yang berbahan kain atau non kain. Hal ini tentu banyak peluang mengenai produk berjenis batik. Dalam bisnis, tidak mesti menjual pakaian batik. Bisa saja menjual sepatu batik, topi batik, tas batik dan sebagainya yang bercorak batik.

Peluang bisnis batik akan sangat menjanjikan jika Anda mampu hadir dengan konsep bisnis batik yang berbeda. Dengan mempelajari seni membantik dari berbagai daerah di Indonesia maka anda akan mendapatkan pencerahan seni batik. Bisa saja anda akan menghadirkan corak batik sendiri, seni pembuatan batik yang tidak hanya pada pakaian atau perpaduan antar corak batik dari beberapa daerah. Hal ini tentu bisa menjadikan anda niche market dalam bisnis.

Ada beberapa konsep bisnis batik yang bisa Anda coba sebagai upaya segara menjalankan usaha bisnis batik yang masih jarang dilakukan orang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
   
1. Anda bisa menjual aneka motif batik seluruh Indonesia, terutama sekali motif batik khas daerah Anda.
2. Memasarkan produk batik daerah dibarengi dengan menjual berbagai produk wisata budaya daerah setempat.

Bisnis batik merupakan salah satu bisnis fashion budaya yang cukup unik, setiap even budaya menjadi salah satu peluang Anda untuk melakukan marketing dan promo fashion budaya tersebut.

Masih banyak konsep-konsep bisnis batik yang bisa Anda kreasikan untuk kepentingan bisnis anda. Namun hal yang tidak lupa dan jangan dilupakan adalah mengenai strategi marketing yang membuat bisnis batik Anda mengalami penjualan yang pesat.

Salah satunya strategi marketing bisnis adalah dengan menawarkan produk bisnis secara online. Ya, tidak salah bila melakukan kegiatan marketing dengan media online dan bahkan ini keharusan bila ingin meningkatkan penjualan secara besar-besaran dan dengan cepat. Karena hal ini bukan saja bisa meningkatkan penjualan tetapi bisa menambah besar dan profesional sebuah perusahaan Anda. Namun hal ini ada ilmunya sehingga tidak sembarangan untuk melakukan kegiatan marketing online.

Dengan menggunakan strategi marketing online maka proses penjualan akan semakin meluas ke seluruh daerah bahkan negara, mudah dan cepat. Sangat menguntungkan bisnis batik Anda dengan biaya marketing yang terbilang tidak begitu menguras kantong perusahaan Anda.

Namun hal penting lagi adalah dengan mempersiapkan sistem pelayanan yang memadai karena tidak mustahil seiring peningkatan penjualan akan membuat sistem kerja bisnis terganggu. Kasus penting ini banyak yang dilupakan oleh para pebisnis sendiri yang sedang mengalami peningkatan penjualan. Tentu hal ini akan mengurangi kepercayaan pelanggan bila sistem pelayanan mengecewakan pelanggan dan malah akan membahayakan bisnis batik Anda. Jangan sampai bangkurt gara-gara tidak bisa menangani permintaan pelanggan yang begitu banyak.

Perlu bantuan hal teknis mengenai masalah sistem pelayanan bisnis batik online dan hal ini terkadang sulit untuk ditemukan ilmunya. Namun Anda tidak perlu hawatir karena hal ini sudah ada namun Anda perlu sedikit mengeluarkan uang untuk mendapatkan panduan mengatasi masalah pelayanan bisnis di saat terjadi peningkatan penjualan. Ini investasi kecil untuk sebuah penanganan bisnis yang besar. Silahkan anda bisa mendapatkan panduan sistem pelayanan toko online disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar