Selasa, 28 Januari 2014

Cerita Malin Kundang dalam Versi Bahasa Inggris Beserta Artinya

Cerita Malin Kundang si anak durhaka, siapa yang tidak tau! tentu hampir semua orang tau tentang cerita legenda tersebut yang berasal dari sumatera barat. Dalam cerita ini si anak yang durhaka kepada ibunya akhirnya berakhir tragis dengan dikutuk menjadi batu.

Mengenai benar dan tidaknya cerita ini kita hanya perlu mengambil hikmah dan pelajaran darinya bahwa jangan pernah mendurhakai seorang ibu yang telah bersusah payah melahirkan dan membesarkan kita. Konon Sebentuk batu di pantai Air Manis, Padang adalah sosok Malin Kundang yang telah dikutuk menjadi batu.

Nah, dibawah ini cerita lengkapnya versi bahasa inggris :

_____________________________________________________________________

The Legend Of Malin Kundang

Long time ago, in a small village near the beach in West Sumatera, lived a woman and her son, Malin Kundang. Malin Kundang’s father had passed away when he was a baby, and he had to live hard with his mother.

artinya : Pada zaman dahulu kala, di sebuah desa kecil dekat pantai di Sumatera Barat, hidup seorang wanita dan anaknya, Malin Kundang. Ayah Malin Kundang telah meninggal ketika ia masih bayi, dan ia harus hidup keras dan serba susah dengan ibunya.

Malin Kundang was a healthy, dilligent, and strong child. He usually went to the sea to catch fish, and brought it to his mother, or sold it in the town.

artinya : Malin Kundang adalah anak yang sehat, rajin, dan kuat. Dia biasanya pergi ke laut untuk menangkap ikan, dan membawanya ke ibunya, atau menjualnya di kota.

One day, when Malin Kundang was sailing as usual, he saw a merchant’s ship which was being raided by a small band of pirates. With his brave and power, Malin Kundang defeated the pirates. The merchant was so happy and asked Malin Kundang to sail with him. Malin Kundang agreed.

artinya : Suatu hari, ketika Malin Kundang berlayar seperti biasa, ia melihat sebuah kapal pedagang yang sedang diserbu oleh sekelompok kecil pembajak. Dengan keberanian dan kekuatannya  Malin Kundang mengalahkan bajak laut. Pedagang itu sangat senang dan meminta Malin Kundang untuk berlayar bersamanya.  dan Malin Kundang-pun setuju.

Many years later, Malin Kundang became a wealthy merchant, with a huge ship, loads of trading goods, many ship crews, and a beautiful wife. In his journey, his ship landed on a beach. The villagers reconigzed him, and the news ran fast in the town: Malin Kundang became a rich man and now he is here. His mother, in deepful sadnees after years of loneliness, ran to the beach to meet her beloved son again.

artinya : Bertahun-tahun kemudian, Malin Kundang menjadi seorang pedagang kaya, dengan kapal besar, banyak barang dagangan, banyak awak kapal, dan istri yang cantik. Dalam perjalanannya, kapal mendarat di pantai. Penduduk desa mengenali dia, dan berita tersebar cepat di kota: Malin Kundang menjadi orang kaya dan sekarang dia ada di sini. Ibunya, dalam kesedihan yang mendalam setelah bertahun-tahun kesepian, berlari ke pantai untuk bertemu dengan anak kesayangannya lagi.

When the mother came, Malin Kundang, in front of his well dressed wife, his crews and his own gloriness, denied to meet that old, poor and dirty woman. For three times she begged Malin Kundang and for three times yelled at him. At last Malin Kundang said to her “Enough, old woman! I have never had a mother like you, a dirty and ugly peasant!” Then he ordered his crews to set sail.

artinya : Ketika ibu-nya datang, Malin Kundang, di depan istrinya, kru dan kejayaannya sendiri, ia menolak untuk bertemu wanita tua itu, yang miskin dan kotor. Selama tiga kali dia memohon Malin Kundang dan tiga kali berteriak kepadanya. Pada Malin Kundang lalu berkata "Cukup, wanita tua! Saya tidak pernah memiliki ibu seperti Anda, seorang petani kotor dan jelek! "Lalu ia memerintahkan kru untuk berlayar.

Enraged, she cursed Malin Kundang that he would turn into a stone if he didn’t apologize. Malin Kundang just laughed and set sail.

artinya : Marah (ibunya), ia mengutuk Malin Kundang bahwa ia akan berubah menjadi batu jika dia tidak meminta maaf. Malin Kundang hanya tertawa dan melanjutkan berlayar.

In the quiet sea, suddenly a thunderstorm came. His huge ship was wrecked and it was too late for Malin Kundang to apologized. He was thrown by the wave out of his ship, fell on a small island, and suddenly turned into stone. 

artinya : Di laut yang tenang, tiba-tiba badai datang. Kapal besar Nya rusak dan itu terlalu terlambat bagi Malin Kundang untuk meminta maaf. Ia dilemparkan oleh gelombang dari kapalnya, jatuh di sebuah pulau kecil, dan tiba-tiba berubah menjadi batu
(http://www.belajaringgris.net/)
_____________________________________________________________________

Inti dari cerita ini adalah memberi pengajaran kepada kita bahwa jangan pernah sekali-kali mendurhakai orang tua, terutama ibu, karena pasti kita akan dapat sial jika melakukan hal semacam itu, contohnya seperti si Malin Kundang ini. semoga bermanfaat!

2 komentar: