Minggu, 24 November 2013

4 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Ter-efektif

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif - Sebagai bahasa universal, bahasa Inggris memiliki peran penting dalam komunikasi dunia. Sudah bisa diperkirakan bahwa bahasa ini digunakan diseluruh negara di dunia. Bahkan bagi negara yang bukan berbahasa Inggris atau memiliki bahasa ibu, bahasa Inggris tetap haru dikuasai agar bisa berinteraksi dengan orang asing dari belahan bumi mana pun.

Karena sifatnya yang sangat penting inilah, Indonesia pun tak mau kalah. Agar mampu bersaing di dunia global, maka bahasa Inggris sudah diajarkan sejak dini. Bahasa Inggris juga menjadi syarat utama ketika seseorang akan melamar pekerjaan. Hampir semua perusahaan baik kecil maupun besar memang mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris baik pasif maupun aktif dalam kolom lowongannya.

Melihat betapa pentingnya bahasa Inggris, tak heran jika banyak lembaga pendidikan non formal seperti tempa les atau kursus bahasa Inggris menjamur dimana-mana. mulai dari private hingga tempat kursus berstandar internasional.

Lalu seperti apakah cara belajar bahasa Inggris yang efektif bagi kita agar cepat menguasainya? Berikut ini ada beberapa cara efektif jika Anda ingin mahir berbahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris yang Efektif


1. Banyak belajar

Untuk menjadi pintar tentu tidak ada yang instan. Jika Anda ingin bisa mahir bahasa Inggris, maka mulailah belajar bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh. Anda bisa belajar mengenai grammar, struktur kalimat dan percakapan melalui buku-buku materi bahasa Inggris yang dijual di pasaran atau jika ingin gratis, Anda bisa mengunduh buku bahasa Inggris dalam versi e-book di internet.

2. Mulailah dari sesuatu yang disenangi

- Musik

Jika Anda menyukai mendengarkan musik, mulailah membiasakan diri untuk mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Penelitian menyebutkan, otak kita bisa lebih mudah mengingat apa yang kita dengar. Lagu tersebut tidak hanya didengarkan saja, akan lebih baik jika Anda mencermati setiap kata pada liriknya. Ini akan membantu Anda menambah kosakata dalam bahasa Inggris.

- Film / Video

Bagi Anda pecinta film, mulai sekarang biasakan untuk menonton film-film berbahasa Inggris. Jika biasanya Anda menggunakan bahasa Indonesia untuk subtitle-nya, mulai sekarang gantilah dengan bahasa Inggris. Film atau video merupakan media yang lengkap dan efektif untuk Anda belajar bahasa Inggris. Karena Anda tak hanya mampu mendengar namun juga melihat. Untuk video, saat ini di internet dapat dengan mudah kita temukan video-video berbahasa Inggris yang bisa membantu Anda dalam belajar.

- Buku

Bagi Anda yang gemar membaca baik itu novel, majalah atau membaca, sebaiknya mulai mengganti bahan-bahan bacaan tersebut dengan bahan bacaan berbahasa Inggris. Banyak membaca terbukti dapat menambah kemampuan dalam menulis dalam bahasa Inggris pula karena kita akan terbiasa dengan pola kalimat-kalimat yang sering kita lihat dalam buku. Tak ketinggalan, kemampuan untuk mengingat kosakata seperti kata benda dan kata kerja dalam bahasa Inggris pun bisa bertambah dengan sangat mudah.

3. Latihan

Jika Anda sudah melakukan cara-cara efektif belajar bahasa Inggris diatas, maka sering-seringlah berlatih. Sesekali ambilah tes bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS yang sertifikatnya sudah diakui internasional. Selain dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris Anda, sertifikatnya bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi.

4. Praktek

“Practice makes Perfect!” slogan ini sering kita dengar dengan tujuan bahwa kemampuan berbahasa Inggris Anda akan semakin meningkat dan sempurna jika diikuti dengan praktek. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan media sosial internet untuk bertemu orang asing dan melakukan percakapan dengan bahasa Inggris, Ini juga merupakan cara efektif untuk belajar bahasa inggris.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar