Selasa, 26 November 2013

Dasar-Dasar Belajar Bahasa Inggris yang Tidak boleh Anda Lewatkan

Dasar-Dasar Belajar Bahasa Inggris - Semua orang pasti setuju bahwa mempelajari bahasa asing merupakan suatu keharusan jika ingin mampu bertahan di zaman globalisasi seperti sekarang ini. Salah satu bahasa asing yang diminati adalah bahasa Inggris. Bahasa ini memang menjadi bahasa universal yang digunakan di seluruh dunia. Tak peduli dari mana asal seseorang, saat bertemu dengan orang asing, bahasa Inggris adalah bahasa yang akan digunakan dalam berkomunikasi. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang wajib dimiliki para calon karyawan saat mereka akan melamar pekerjaan. Melihat sebegitu pentingnya bahasa Inggris dalam kehidupan kita, tak heran jika bahasa ini mulai diperkenalkan sejak dini sehingga mereka mampu mempersiapkan diri lebih matang ketika dewasa nanti.

Ada banyak cara untuk bisa mempelajari bahasa Inggris dasar. Hal pertama yang dipelajari tentu saja dengan memahami bahasa Inggris dasar seperti mengenal dan menghapal kata kerja dan kata benda. Setelah itu, kita akan belajar mengenai struktur kalimat dengan latihan membaca (reading) dan menulis (writing). Dengan begitu kita bisa menulis cerita dengan bahasa Inggris yang benar berdasarkan grammar atau tata bahasanya. Kemampuan bahasa Inggris Anda pun akan semakin sempurna dengan latihan mendengar (listening) dan tentunya berbicara (speaking).

Dasar-Dasar Belajar Bahasa Inggris


Jika dasar-dasar belajar bahasa Inggris tersebut bisa Anda kuasai, maka untuk selanjutnya anda hanya tinggal mempraktekkan kemampuan Anda saja dan juga tentunya melakukan improvisasi. Maksudnya jika sebelumnya Anda hanya bisa membuat kalimat sederhana yang hanya terdiri dari satu subjek, satu predikat dan keterangan, maka nantinya Anda harus bisa mengubah kalimat sederhana tersebut menjadi kalimat yang lebih komplek atau bertingkat. Hasilnya, Anda akan dengan mudah membuat tulisan ilmiah dengan mudah.

Menulis (writing) dalam bahasa Inggris akan sangat berguna saat Anda bekerja nanti. Tentunya cara menulis dokumen dalam dunia kerja tidak sederhana dan terkesan rumit. Namun jika Anda sudah menguasai bahasa Inggris dasar yang Anda pelajari sebelumnya, hal ini tentunya bukan menjadi suatu kesulitan yang berarti.

Selain mempelajari bahasa Inggris setiap hari dan melakukan praktek, Anda bisa melihat tingkatan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan tes atau latihan. Ada banyak lembaga pendidikan informal yang menyediakan latihan atau tes bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS. Dengan mengikuti tes tersebut, Anda bisa melihat sejauh mana kemampuan bahasa Inggris Anda. Anda nantinya akan menerima sertifikat yang berisi skor kemampuan Anda. Dalam dunia kerja baik lokal dan internasional, ada banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya mencapai skor tertentu jika ingin lolos dalam wawancara. Skor tersebut juga berlaku bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Dengan skor tersebut, mereka bisa melihat seberapa jauh bahasa Inggris Anda sehingga Anda Anda bisa survive di negeri orang.

Ternyata peran bahasa Inggris di dunia ini memang tak bisa dipandang sebelah mata, bukan? Jadi mulai sekarang terus latih kemampuan dasar-dasar belajar bahasa Inggris Anda. Buat bahasa Inggris Anda semakin sempurna dengan memperbanyak membaca dan praktek. Carilah partner atau teman yang bisa Anda ajak untuk bersama-sama mempelajari bahasa Inggris. Mempelajari bahasa Inggris tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun tak ada yang instan untuk bisa menjadi mahir dan pintar, bukan? Tentunya hal itu harus diikuti dengan niat yang sungguh-sungguh, belajar yang tekun, praktek yang keras juga doa yang tak pernah putus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar