Kamis, 28 November 2013

9 Cara Membaca Cepat Teks Bahasa Inggris

Membaca cepat teks dalam bahasa inggris adalah salah satu latihan yang bisa digunakan untuk memperlancar dan meningkatkan kemampuan bahasa inggris seseorang, meski tidak mudah, namun, jika berlatih dengan tekun pasti akan berbuah hasil yang baik pula.

Pengucapan setiap kata dalam bahasa inggris memang agak sulit, sebab apa yang tertulis tidaklah sama dengan pengucapannya. itulah uniknya bahasa inggris, lain tulisan lain bacanya, satu kosakata bisa berarti 2 hal berbeda, bahkan dalam bahasa inggris ada kata yang bisa digunakan untuk menyatakan atau menyebutkan beberapa hal sekaligus. Memang susah dipahami, tapi dengan rajin belajar pasti bakal ketemu titik terang dan penjelasan tentang semua itu.

Kembali ke topik semula tentang berbicara cepat dalam bahasa inggris, Nah, disini anda bisa menggunakan beberapa cara, tips, dan teknik untuk bisa berbicara dan membaca  teks bahasa inggris dengan cepat dan benar.

Cara Membaca Cepat Teks Bahasa Inggris

1. Sering-seringlah membaca. Makin sering anda membaca, Maka akan banyak pula peluang anda berlatih membaca lebih cepat.

2. Usahakan agar tidak terlalu menggerakkan lidah anda saat membaca, atau berbicara dengan diri sendiri dalam kepala anda. Jika anda menggerakkan lidah dan berbicara sendiri dalam kepala, maka akan memperlambat bacaan anda sebab berbicara itu lebih lambat dibanding membaca.

3. Bacalah teks yang menggunakan huruf yang cukup besar, ini akan memudahkan kita melihat dan membaca lebih cepat dan tentu kita tidak akan melewatkan satu kata pun dari teks tersebut.

4. Cocokkan atau buatlah kecepatan baca anda dengan isi bacaan seirama. Carilah bacaan yang mudah dan ringan dibaca, semakin lambat cara anda membaca itu berarti isi bacaan akan sulit dimengerti.

5. Fokuslah pada bacaan anda ketika berlatih, jangan sampai anda membaca sambil menonton TV atau mendengarkan musik, karena itu akan mengganggu fokus dan perhatian anda.

6. Pakailah alat bantu seperti penunjuk halaman atau jari anda sendiri sebagai penunjuk teks yang anda baca. Cobalah untuk menggerakkan jari atau alat penunjuk yang anda gunakan secara cepat sambil mata anda mengikuti kecepatan tersebut.

7. Gunakanlah buku bacaan yang telah atau sering anda baca, ini bakal memudahkan anda untuk lancar dan cepat membaca disebabkan anda telah mengingat sebagian kata dan mudah mengucapkannya.

8. Bacalah isi atau konten yang paling penting dari bacaan anda, jangan buang waktu anda dengan membaca hal yang tidak penting dan tidak perlu dalam buku atau teks yang anda baca

9. Rajinlah membaca setiap hari, carilah koran , artikel, buku atau tulisan yang ringan saja untuk dibaca. Jangan memaksakan diri untuk membaca hal yang berat atau bacaan yang menggunakan bahasa inggris yang berat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar