Selasa, 05 November 2013

Manajemen Komunikasi Bisnis untuk Sistem dan Marketing

Kali ini saya ingin membahas manajemen sederhana untuk komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis untuk kepentingan membangun sistem bisnis yang kokoh salah satunya sistem marketing. Memanajemenkan suatu komunikasi untuk bisnis memang penting dilakukan bila ingin meraih sesuatu target yang diharapkan perusahaan.

Anda mungkin mengerti arti komunikasi. Pasti Anda mengerti tentang arti komunikasi. Bener kan? Ya, komunikasi adalah percakapan, berbicara, berbahasa. Tetapi yang sering disebut komunikasi adalah pembicaraan yang melibatkan orang. Komunikasi bisa tertulis dan bisa secara lisan.

Saya ingin mengajukkan pertanyaan sederhana, bagaimana proses jalinan antara produsen dan konsumen bila tidak ada komunikasi dalam bisnis? Dari pertanyaan sederhana ini, dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan salah satu elemen penting yang ada dalam manusia. Bahkan tidak ada artinya sebuah "Pemikiran" bila memang tidak ada komunikasi. Komunikasi bisa menghidupkan pemikiran seseorang.

Lalu apa mengenai komunikasi bisnis? Maka tidak lain adalah komunikasi untuk kepentingan bisnis yang tujuan utamanya adalah penjualan produk atau jasa.

Intinya komunikasi merupakan hal penting dalam bisnis, entah online atau ofline.

Bagaimana komunikasi untuk bisnis? Tentunya dengan adanya komunikasi bisnis maka akan membentuk suatu bangunan hidup yang akan memberikan perlindungan untuk si konsumen. Wah, pembahasan ini terlalu mengada-ada. Intinya adalah dengan adanya komunikasi bisnis maka akan terjadi yang namanya "Tawar-Menawar" "Jual-Beli". Bisnis akan lebih hidup bila ada suatu komunikasi. Dan bisnis akan mati segera bila tidak ada komunikasi dan tidak ada artinya bisnis bila tidak ada komunikasi.

Anda tahu teknik marketing halus dan marketing blak-blakan? Marketing halus seperti yang ada dalam artikel marketing. Artikel ini berkomunikasi dengan orang yang membutuhkan informasi. Dalam komunikasi itu memberikan sebuah informasi tersembunyi mengenai "produk" yang sedang dijual. Nah, ini teknik marketing halus. Sehingga komunikasi bisnis lewat artikel untuk marketing bisnis.

Lalu apa marketing blak-blakan? Nah ini adalah biasanya iklan yang ada di televisi seperti "Beli Kopi Pahit Dapat Beban Pusing Kepala". Wah contoh yang aneh, hehe...

Komunikasi bisnis bisa dalam hal kerja di kantor. Ini adalah sistem operasional kerja intern bisnis. Kegiatan tim bisnis dalam mengurusi bisnis alas perusahaan. Sebagai misal bagian customer Servic berkomunikasi dengan pelanggan lewat telepon atau media komunikasi lainnya. Bagian administrasi berkomunikasi dengan para karyawan bagian lain yang memintakan data-data. Para atasan berkomunikasi dengan OB karena ingin dibuatkan minuman.

Intinya adalah dalam manajemen komunikasi bisnis ada komunikasi intern bisnis dan ada komunikasi ekstern bisnis. Semakin baik komunikasi maka akan semakin baik arus kas suatu bisnis.

Mengenai komunikasi bisnis yang di luar intern bisis maka biasanya untuk kegiatan marketing.

Mengenai komunikasi bisnis untuk marketing, saya akan berbicara panjang lebar. Karena komunikas bisnis untuk marketing berhubungan dengan konsumen. Ada istilah bahwa "Konsumen adalah raja" sehingga dengan ini kita perlu tahu manajemen komunikasi yang baik kepada konsumen terutama pelanggan.

Anda tahu kan kalau arus kas yang menjadi hidup dan matinya bisnis? Arus kas seperti darah dalam tubuh manusia (baca: arus kas bisnis). Tentunya, karena dengan mempunyai keterampilan komunikasi bisnis yang baik akan semakin banyak orang yang mau diajak komunikasi. Dampaknya, peluang mendapat arus kas masuk akan semakin terbuka lebar hasil keberhasilan dalam komunikasi. bisnis.

Sebab itulah para internet marketer alias pebisnis online khususnya guru saya sendiri yaitu GM Susanto sangat merekomendasikan untuk memiliki alat autoresponder untuk menghimpun daftar pelanggan yang akan diajak komunikasi secara tulisan. Karena dalam bisnis online, kegiatan komunikasi hanya bisa dilakukan secara tulisan.

Dengan menyewa autoresponder, maka akan tetap terjadi komunikasi tertulis kepada orang yang ingin diberikan informasi atau lainnya. Lebih enaknya lagi adalah satu kali klik saja sudah bisa mengirim tulisan komunikasi via email untuk ribuan bahkan ratusan ribu penanggan newsleteter.

Jenis marketing menggunakan alat autoresonder adalah jenis email marketing.

Ada banyak jenis marketing seperti artikel marketing, vidio markting, dan sebagainya namun hal inti atau ujung tombak penggiringan pelanggan adalah ke email marketing. Ini kalau di bisnis online.

Tetapi yang diharapkan dari terjadinya komunikasi bisnis adalah jangan semata-mata untuk kepentingan profit atau finansial saja. Tetapi harus memperhatikan dari sisi spiritual (baca: misi bisnis).

Tentu sebelum melakukan kegiatan komunikasi entah lewat email marketing atau lainnya, si komunikator harus bisa memahami psikolog manusia. Hal penting memperhatikan psikologi manusia adalah memberikan "LEBIH" "UNGGUL" atau bahasa peningkatan lain untuk hal positif.

Banyak orang yang berbicara namun orang yang mendengarkan atau membaca sedikit. Nah, jangan sampai dalam kegiatan komunikasi bisnis untuk marketing yang memperhatikan informasi anda berjumlah sedikit.

Menurut Robert T Kiyosaki dalam buku Guide mengatakan bahwa dunia memang penuh produk-produk hebat. Anda percaya? saya harap And percaya. Tetapi uang konsumen akan mengalir ke komunikator yang terbaik. Waw, tragis!

Tenaga penjual (sale atau affiliate), manajer marketing, dan yang berkaitan dengan tugas marketing adalah tugas yang terberat menurut saya. Karena memang berkaitan dengan komunikasi bisnis dengan pelanggan. Seorang sales harus bisa berkomunikasi yang baik agar terjadi penjualan.

Bila Anda ingin menjadi komunikator hebat dalam lisan atau tulisan, Anda bisa mengikuti seminar-seminar dahsyat Tung Desem Waringin seorang pembicara Top di Indonesia. Kalau dala segi lisan, anda perhatikan saja gaya Pak Tung. Dengan mengetahui magis-magis berkomunikasi dari Pak Tung maka akan mampu memikat banyak konsumen untuk membeli dan cepat membeli.

Atau kalau ingin lebih spesifik belajar komunikasi bisnis secara online dalam hal komunikasi marketing atau komunikasi untuk sistem operasional bisnis, Anda bisa belajar bersama GM Susanto. Memang GM Susanto kalah tenar dan kalah hebat dengan Tung Desem Waringin, tetapi bagi pemula yang bermodal bisnis cekak, lebih Anda belajar dahulu bersama GM Susanto disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar