Rabu, 27 November 2013

5 Manfaat Penting Belajar Bahasa Inggris

Manfaat Belajar Bahasa Inggris - Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang dipelajari di seluruh dunia. Bisa kita buktikan sendiri ketika kita bepergian ke luar negeri dan bertemu dengan orang asing disana, maka bahasa yang akan kita gunakan untuk berinteraksi adalah bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia atau bahasa ibu orang tersebut. Ini menunjukkan bahwa bahasa Inggris mampu menjadi alat pemersatu masyarakat seluruh dunia dalam berbahasa.

Rasanya semua orang pasti setuju bahwa mempelajari bahasa Inggris memiliki sejuta manfaat. Kita pun pasti mempunyai berbagai alasan tersendiri mengapa ingin mempelajari bahasa asing yang satu ini. bahasa Inggris memang memiliki peranan penting dalam kemajuan zaman saat ini. Bahasa yang sudah mendunia ini dipakai oleh banyak orang di belahan bumi bagian manapun tidak hanya untuk berinteraksi namun juga untuk jenjang karir.

Berikut ini beberapa manfaat belajar bahasa Inggris:


1. Memperluas pengetahuan

Ada pepatah mengatakan bahwa bahasa merupakan jendela ilmu pengetahuan. Semakin banyak bahasa yang kita bisa kuasai maka semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang dapat kita pelajari dan pahami. Banyak sumber pembelajaran baik dari buku maupun media internet menggunakan bahasa Inggris. Bayangkan jika kita tidak bisa bahasa Inggris, hal ini tentunya akan menyulitkan Anda.

2. Jenjang karir

Hidup di zaman globalisasi seperti ini, jika kita tidak memiliki kemampuan berbahasa asing maka akan sangat mudah tersaingi oleh orang lain. Berbagai kesempatan pun seakan tertutup hanya karena kemampuan berbahasa kita tidak memuaskan. Dengan menguasai bahasa asing, setidaknya bahasa Inggris, maka kesempatan berkarir pun terbuka lebar, tak hanya di Indonesia, namun juga diluar negeri. Misalnya Anda bisa dengan mudah mendapatkan promosi dari atasan Anda untuk membantu cabang perusahaan di luar negeri.

3. Memperbanyak teman atau relasi

Jika kita dapat menguasai bahasa Inggris, akan menjadi hal yang sangat mudah bagi kita untuk memperluas pertemanan. Tak hanya di Indonesia saja, namun juga mencakup negara-negara di dunia. Saat ini banyak media sosial pertemanan di internet yang memungkinkan hal ini terjadi. Kita bisa dengan mudah berinteraksi dengan mereka jika kita mampu berbahasa Inggris. Jika sudah begini, Anda tak hanya dapat teman baru, namun juga bisa mempelajari hal baru tentang mereka seperti budayanya. Bukan tak mungkin, Anda juga bisa menemukan pujaan hati, di luar negeri sana.

4. Mengejar kesempatan ke luar negeri

Hal ini bisa berlaku untuk karir atau melanjutkan studi. Ini juga akan sangat cocok bagi Anda yang memang bercita-cita ingin pergi ke luar negeri. Dengan mempelajari bahasa Inggris, semuanya menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Untuk mempersiapkan hal ini, tentunya Anda harus mempelajari bahasa Inggris dari jauh-jauh hari atau alangkah baiknya jika sudah dimulai sejak dini.

5. Mampu memahami teknologi

Bukan hal baru jika semua gadget dan alat teknologi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya untuk memberikan petunjuk pada penggunanya. Jika Anda tidak bisa berbahasa Inggris, tentu hal ini menjadi sulit bagi Anda namun akan berbeda halnya jika Anda mampu berbahasa Inggris, setidaknya bahasa Inggris pasif.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita rasakan jika kita mampu menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Tentunya masih banyak manfaat yang diberikan yang nantinya bisa menjamin hidup Anda. Ingatlah bahwa Anda tak akan pernah merasa rugi telah mempelajari bahasa Inggris dalam hidup Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar