Selasa, 26 November 2013

4 Jenis Latihan Terampuh dalam Belajar Bahasa Inggris

Sebagai manusia yang hidup di zaman modern, tentu mau tak mau kita harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan terutama dalam berbahasa jika ingin bisa mempertahankan diri dari persaingan yang semakin ketat setiap harinya. Bahasa Inggris misalnya, bahasa universal ini memiliki peran penting dalam era globalisasi seperti sekarang ini.

Tak heran jika banyak lembaga pendidikan yang menawarkan jasanya dalam mengajarkan bahasa Inggris pada pemula. Berbagai metode pun ditawarkan agar kita bisa dengan mudah menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Tak hanya mengajarkan berbagai materi dalam bahasa Inggris, lembaga-lembaga tersebut pun memberikan latihan bahasa Inggris misalnya dengan tes bersertifikat seperti TOEFL dan IELTS. Dalam sertifikat tersebut ditunjukkan seberapa jauh atau mahir kemampuan berbahasa Inggris kita. sertifikat tersebut juga nantinya akan sangat dibutuhkan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi ke luar negeri.

Berikut ini beberapa jenis latihan dalam belajar bahasa Inggris:


1. Mendengar (Listening)

Jenis latihan ini meminta Anda untuk bisa memahami apa yang Anda dengar. Untuk melatihnya Anda harus membiasakan diri mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris melalui radio atau kaset. Untuk alternative lain, Anda bisa memulainya dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dan mencermati setiap liriknya.

2. Menulis (Writing)

Dalam latihan menulis, Anda sebelumnya akan diperkenalkan dengan berbagai macam kata benda (noun) dan kata kerja (verb) dalam bahasa Inggris. Anda juga akan mengenal tenses yang akan berguna dalam mempelajari bentuk-bentuk kalimat.

3. Membaca (Reading)

Dalam latihan yang satu ini, biasanya Anda akan diminta untuk membaca beberapa teks panjang. Hal ini akan melatih Anda dalam menentukan pola-pola kalimat. Latihan membaca juga terbukti dapat menambah pengetahuan Anda mengenai kosakata. Dengan rajin membaca, Anda akan terlatih untuk bisa memahami struktur kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris. Hal ini akan menjadi sangat mudah bagi Anda untuk kemudian bisa menulis cerita dalam bahasa Inggris. Untuk bisa melatih kemampuan membaca Anda, mulailah dengan rajin membaca sumber bacaan seperti komik, novel, majalah atau surat kabar berbahasa Inggris.

4. Berbicara ( Speaking)

Untuk latihan berbicara, tentu Anda memerlukan banyak praktek agar terbiasa dan mahir. Bagi Anda yang mempelajari bahasa Inggris melalui lembaga pendidikan, mungkin bisa langsung mempraktekannya bersama guru dan teman-teman saat berada dalam kelas. Namun bagi Anda yang mempelajari bahasa Inggris secara otodidak, bukan berarti Anda kehilangan kesempatan untuk bisa mempraktekannya dengan orang lain. Cara pertama, carilah teman yang bisa Anda jadikan partner untuk bersama-sama mempelajari bahasa Inggris. Ajak teman Anda tersebut untuk selalu menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan Anda sehingga, baik Anda dan teman Anda tersebut menjadi terbiasa dan mahir dalam bidang speaking. jika Anda merasa kesulitan mencari partner berbicara dengan orang terdekat, maka caa berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial internet untuk hal itu. Saat ini banyak situs pertemanan yang memungkinkan Anda berkenalan dengan orang asing. Anda bisa melatih kemampuan berbahasa Anda mulai dari listening, reading, writing hingga speaking dengannya. Untuk speaking, mintalah username Skype teman baru Anda tersebut sehingga sesekali kalian bisa melakukan percakapan melalui webcam.

Itulah jenis-jenis latihan dalam belajar bahasa Inggris yang bisa Anda mulai dari sekarang. Semakin banyak Anda belajar dan melancarkannya dengan praktek, maka kemampuan berbahasa Inggris Anda semakin baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar