Sabtu, 09 November 2013

Langkah Detail Bisnis Online Modal Cekak Untuk Orang Miskin

Cara memulai bisnis online seperti keadaan saya alias penganguran tetapi orang tua cukup mampu, waktu itu berawal bermodalkan komputer dan modem internet untuk belajar bisnis.

Memulai bisnis online yang pernah saya rasakan memang sangat sulit. Perlu cari artikel, membeli panduan bisnis online, perlu terus menerus praktek, terus bersabar di saat kondisi ekonomi minim, dll.

Sehingga, cara belajar bisnis online yang saya lakukan waktu itu adalah aktif di blog tanpa perlu kegiatan bisnis. Inilah langkah bisnis online modal cekak.

Setelah terbiasa, maka saya menambah cara dalam belajar bisnis online. Saya memulai menaikkan materi belajar bisnis online dengan menjadi tenaga penjual alias affilate marketing atau disebut reseller. Tentu, karena produk lokal jadi harus membeli produk dulu yaitu membeli panduan bisnis online affiliate Clickbank milik GM Susanto.

Kenapa kok menjadi tenaga penjual? Tentunya adalah karena masih belum paham dan materi penduan bisnis online masih fress dipelajari. Tentunya perlu pengendapan dulu dan pemikiran dulu lah.

Kok terlebih dahulu membeli panduan bisnis untuk menjadi tenaga penjual?

Nah, Ini yang perlu anda tahu. Saya bukan bertujuan untuk menjadi tenaga penjual dalam membeli panduan bisnis. Memang banyak para pebisnis yang memanfaatkan sistem affiliate alias reseller untuk mendongkrak penjualan. Memang ada dan saya tidak bisa menutupi hal ini karena ini juga merupakan strategi marketing bisnis. Tapi bukan tujuan menjadi tenaga penjual.

Namun sekali lagi bukan tujuan menjadi tenaga penjual dalam membeli produk dalam hal ini produk panduan bisnis online. Karena memang saya butuh ilmu bisnis dan panduan bisnis yang saya beli benar-benar rill mengajari melangkah dalam bisnis.

Kebetulan panduan bisnis yang saya beli menyediakan program affiliate dan bukan panduan bisnis saja yang menyediakan program affiliate tetapi panduan cinta, panduan hamil dan lainnya. Sehingga inilah yang saya manfaatkan sebagai langkah awal bisnis online yaitu menjadi tenaga penjual.

Setelah berhasil mendapatkan pundi-pudi rupiah hasil menjadi affiliate lokal, saya pun menerapkan ilmu yang sudah saya pelajari dari panduan bisnis yang saya beli. Ciri-ciri panduan bisnis yang bagus adalah bisa diterapkan ilmunya dan mudah dipelajari.

Saya banyak belajar sama GM Susanto mengenai Teknik Iklan Adwords, Facebook Ads, hal teknis dan strategi bisnis, dan banyak lainnya. Saya bisa menerapkan semua cuma butuh kartu kredit saja :-)

Dan ternyata berhasil mendapat ratusan dollar dari Clickbank.com dengan Modal Bisnis Super Cekak hasil pembelajaran di panduan bisnis dan hasil modifikasi ala sendiri. Saya tentu lagi-lagi menjadi tenaga penjual produk orang lain yang ada di Clickbank.com.

Setelah itu meningkat lagi dengan belajar menjual produk informasi. Awal produk yang dijual adalah tutorial sederhana membuat website penghasil uang. Waw, ternyata ada yang beli juga. Tapi saya sudah stop menjual ebook ini karena kurang suka bisnis mengenai tutorial website.

Yang kedua adalah mengenai menjual ebook "Mahasiswa Belajar Membaca Per Detik" namun ini belum matang karena terburu malas dan saya sendiri belum mantap memiliki skill mengenai mahasiswa belajar membaca dengan kecepatan per detik.

Meningkat lagi mengenai Online Shop walau tidak sampai berhasil mengasilkan uang dari toko online karena belum tertarik. Saya kembali menjadi penjual produk milik guru saya sendiri namun dengan strategi “Ala Kaum Pemodal Cekak” yaitu lewat blogging.

Tetapi dalam membuat blog tidak asal membuat blog. Ada teknik khusus dalam sisi marketing online. Mau tahu? Dan saya juga menjual produk pasar luar negeri juga dengan strategi bisnis modal yang cukup besar walau tidak besar-besar amat.

Nah, sampai disini, maka inilah alur untuk belajar yang perlu dilakukan si miskin dalam bisnis online. Point pentinnya adalah: Tenaga Penjual.

Memulai bisnis online sama halnya seperti orang yang baru belajar naik sepeda. Bila orang tersebut baru terjun kedunia bisnis online maka akan merasa kaku dan sulit.

Bila sudah terbiasa menjalani bisnis online maka seperti kita menaiki sepeda yang tanpa berpegangan pun bisa.

Tetapi kondisi orang bebeda. Ada yang miskin ada yang kaya. Ada yang sibuk ada yang tidak. Ada yang males ada yang tidak. Intinya keadan seseorang membuat cara memulai bisnis online pasti berbeda.

Lalu bagaimana caranya bila yang ingin memulai bisnis online itu orang miskin secara teknis langkahnya? Saya ingin memberikan contoh sederhana. Intinya adalah proses belajar.

Inilah cara memulai bisnis online untuk orang miskin. Walau sangat butuh perjuangan keras bila orang miskin memulai bisnis melebihi orang mampu.

Saya katakan miskin adalah orang yang dalam keadaan ekonomi keluarga sangat minim.

Dengan keterbatasannya, misal Si A anak dari keluarga miskin itu ingin sekali belajar bisnis online. Lalu ia mikir bagaimana memulai bisnis online sedangkan komputer saja tidak punya.

Untungnya, sebelum memulai untuk belajar bisnis online, si miskin itu sudah belajar internet dan menjalankan MS Word.

Dengan keterbatasan ekonomi, ia tetap semangat melihat-lihat di internet. Ia menggunakan uang hasil jerih payah kerja serabutannya.

Apa yang harus dilakukan si miskin?

Belilah panduan bisnis online karena harganya cukup murah. Harganya 150.000,- pun bisa. Syaratnya punya HP dan email. Bisa beli produk Panduan Affiliate Clickbank.com, Panduan Menjual Produk Informasi, atau Panduan Online Shop. Bisa membeli semua produk bersistem affilate lewat GM Susanto.

Lalu transfer uang lewat bank dengan menggunakan stor tunai. Seperti pengalaman saya memang menggunakan stor tunai karena tidak punya rekening plus ATM.

Si miskin pasti akan tertarik karena produk bisnis online yang ditawarkan sangat berkualitas dan siap membantu si miskin.

Karena si miskin perlu saja dibantu dalam informasi oleh yang berpengalaman, maka caranya bantulah untuk menyarankan bahwa ia bisa mencari uang lewat affiliate alias menjadi tenaga penjual lewat panduan bisnis online yang ia beli.

Jangan dulu mempelajari panduan bisnis online karena si miskin belum punya plesdis dan uang yang cukup untuk mendownload materi bisnis. Itu cara terhemat dalam bisnis kaum miskin.

Promosikan link affiliate lewat iklan baris untuk kepentingan promosi bisnis online.

Caranya bagaimana untk mengiklankan? Silahkan junjungi warnet dan lakukan hal ini:
  • Pilih iklan baris iklanjoglo.com atau ketikkan kata kunci di google dengan "Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar".
  • Lihat situs dan perhatikan jumlah pengunjung per hari. Usahakan lebih dari 1000 pengunjung.
  • Lihat kolom "Pasang Iklan" dan pilih yang Free.
  • Cari teks iklan sesuai dengan nama produk panduan bisnis.
  • Copy paste teks iklan tersebut dan masukkan link affiliate.
Namun ini cara yang tidak efektif. Karena tujuannya belajar dala segi marketing maka harus melakukan ini.

Pasti awal-awal, si miskin menjalankan bisnis online akan punya perasaan pesimis. Maka, jadikanlah bisnis online ini hanyalah pembelajaran semata untuknya. Tentu dengan harapan bahwa sedikit demi sedikit akan berubah hidupnya.

Teruslah promosikan link affiliate seminggu sekali. Cukup satu jam saja dalam warnet demi menghemat uang.

Belajarlah buat teks iklan versi si miskin karena untuk melatih strategi marketing bisnis yang ampuh. Strategi membuat iklan yang tak mungkin ditinggalkan adalah modifikasi iklan yang sudah ada.

Selanjutnya adalah tambah dengan cara ofline.

Bila punya teman atau saudaranya teman, maka tawarkan kepada mereka. Berilah kesan bahwa benar-benar ingin dibantu demi merubah hidupnya.

Seorang yang berduit tebal, mengerluakan uang 150.000,- sangatlah murah dan mudah.

Walau demikian, berilah alasan kenapa ia harus membeli produk bisnis yang ditawarkan si miskin. Buatlah “Sales Letter Ofline” alias ringkasan penawaran produk pada kertas berukuran A4 atau sejenisnya. Gampang saja, bisa contek tulisan dari situs asli. Tulis isi penjelasan produk dan testimoni. Bisa melakukan print out saja alias meminta pegawai warnet untuk memprint tulisan sales letter yang sudah disiapkan.

Warning: Jangan mencantumkan link affiliate secara terbuka. Tutup link affiliate lewat situs menyingkat url seperti www.tinyurl.com. Caranya bisa didapatkan di google.

Caranya:
  • Kunjungi situs www.tinyurl.com
  • Di bahwa tulisan "Enter a long URL to make tiny" ada kolom kosong. Nah masukkan link affiliate produk dengan lengkap seperti misal http://www.namalinkaffiliate.com/vip?elbuy.
  • Klik Make TinyURL
  •  Custom alias (optional) kosongkan saja karena tidak bisa kalau beruapa link affiliate
Nanti hasinya ini: http://tinyurl.com/ksb9r23

Nah sebelum situs link affiliate dibuka oleh orang yang ditawari, pastikan bahwa mereka benar-benar mau membeli.

Bila sudah ada yang membeli 5 orang secara ofline, buatlah rekening yang deket dengan desa si miskin tersebut.

Hasil keuntungan penjualan, gunakan untuk membeli plesdis. Setelah beli, barulah mendownload dan mempelajari panduan bisnis.

Promosikan juga lewat ofline dengan cara menyebarkan brosur. Yeah, walau cara ini tidak efektif tetapi catatan pentinya adalah Branding. Tentunya sebagai pengenalan diri = Bro, Gue Pebisnis Miskin. Sebarkan brosur pada ke tetangga, saudara, teman, ke anak sekolahan, dan sebagainya. Bagikan saja sales letter ofline-nya.

Promosikan lagi lewat situs iklan baris dan kembali ke iklan ofline.

Gunakan daya krearif si miskin dalam hal ini. Penting. Maka si miskin akan mendapatkan modal bisnis yang bukan modal uang. Dan modal berupa uang hanyalah sebagian kesuksesan saja. Separonya adalah modal bukan berupa uang

Promosikan lagi ke orang-orang yang si miskin kenal.

Intinya, teruslah menggunakan cara belajar memulai bisnis online sederhana seperti ini.

Setelah ini apa?

Ikuti terus langkah saya.

Catatan penting langkah lanjutan adalah Menurut Cara Bisnis Saya yaitu menjadi tenaga penjual lewat blogging. Baru kalau sudah berpenghasilan mencapai satu juta per bulan, baru meningkat. Maksudnya meningkat jadi "Penjual Gabungan" : Produk Sendiri dan Orang Lain. Yeah, lagi-lagi tenaga penjual :-)

Mau tahu langkah saya sukses bisnis online menggunakan media blog baik modal cekak atau modal gede? Silahkan menikmati terus berbagai artikel di blog ini karena ini bekal dalam memulai bisnis online modal cekak dan modal gede.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar