Jumat, 07 Juni 2013

Bisnis Online Halal dengan Contoh

Dalam pembahasan bisnis online yang dianggap halal ini, saya tidak akan membahas yang begitu mendalam dan membuat pusing karena harus menjelaskan ini dan itu.

Bisnis online halal adalah jual-beli produk bisnis online yang jelas dan bermanfaat. Kenapa harus ada produk yang jelas dan bermanfaat? Karena banyak sekali situs-situs yang menjual produk yang tidak jelas.

Maksud tidak jelas adalah ya tidak jelas produk jenis apa dan manfaat produknya. Bukan berarti karena produknya tersembunyi, bukan. Bila produk bisnis online sudah tidak jelas, maka bisa jadi memang tidak ada produk dan adanya hanya biaya pendaftaran tok.

Sebagian bisnis online yang menjual produk informasi, ada yang cuma menjelaskan rincian manfaat, penjelasan dan jenis produk. Ini sudah jelas yang dijualnya dan halal.

Untuk lebih jelas saya akan memberikan contoh kasus penjualan ebook milik saya di situs www.mahasiswabelajar.siteindo.com. Silahkan lihat bagaimana saya menjualnya. Apakah ada yang tidak jelas?

Produk bisnis online yang saya buat memang tidak jelas dalam segi kuantitasnya. Bagaimana mungkin memperlihatkannya karena ini bukan barang fisik. Kalaupun toh misal memberikan sebagian materi secara gratis, toh harga ebook yang saya jual harganya murah. masa mau memberi sebagian materi? Habis dong?

Intinya adalah memberikan penjelasan dengan jujur mengenai isi dan keuntungan yang didapat dan jelas jenis produknya. Maka dengan melakukan ini, bisnis online sudah dianggap jelas dan halal.

Hal sederhana saja yang saya jelaskan mengenai bisnis online halal yang bisa anda terapkan. Adapun mengenai penjelasan mengenai hal-hal detail, silahkan belajar sama orang yang mengerti hukum agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar